Sabtu, 09 September 2017

Kunjungan Presiden Jokowi Ke Kampung KB Dusun Jasem


        Pada hari Senin, 10 Oktober 2016 Kampung KB Dusun Jasem, Srimulyo, Piyungan, Bantul kedatangan tamu istimewa. Tamu istimewa tersebut adalah Presiden ke-7 RI, Joko Widodo beserta Ibu Iriana Widodo. Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi datang untuk melaksanakan kegiatan pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) Dusun Jasem yang bertema “ Dengan Kampung KB Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Perwujudan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera ” yang diselenggarakan oleh BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional).

          Turut serta mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty dan jajaran SKPD Provinsi DI Yogyakarta dan Kabupaten Bantul.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan beberapa hal antara lain:
a.      Mengajak warga untuk merencanakan keluarga demi kemajuan bangsa dan negara ini.
b.      Setiap keluarga harus terlibat menghadapi persaingan antar negara. "Kalau kita ingin negara ini menjadi bangsa yang maju, dimulai dari keluarga yaitu Keluarga yang direncanakan dan di tata sejak awal. Setiap keluarga boleh merencanakan berapa jumlah anak yang diinginkan, tetapi pemerintah menyarankan dua anak cukup. Apalagi, ketika lahir, kebutuhan keluarga dipastikan meningkat drastis. Lebih-lebih, apabila anak-anak mulai memasuki jenjang sekolah SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Jangan sampai orangtua hanya bercita-cita menyekolahkan anaknya hanya sampai jenjang SD atau SMP kemudian segera bekerja. Anak seusia itu belum layak bekerja, untuk itu persiapkan biaya sebaik mungkin karena dengan sekolah dan memiliki pendidikan itulah kita bisa bersaing dengan negara lain,” pesan Presiden Jokowi.
c.      Mengintruksikan kepada Kepala BKKBN agar terus berupaya menjadikan keluarga Indonesia sebagai keluarga sejahtera. Secara khusus, Presiden meminta BKKBN mengawal program KB dengan memberi perhatian khusus kepada generasi muda.
          Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr Surya Candra Surapati menambahkan kampung KB Jasem Srimulyo Piyungan merupakan satu dari ratusan kampung KB yang sudah terbentuk di seluruh Indonesia. Kampung KB dibentuk sebagai upaya meningkatkam pelayanan kependudukan dalam aktualisasikan fungsi keluarga dan karakter.



          Sebelum meninggalkan lokasi acara, Presiden Jokowi mengadakan kuis berhadiah sepeda bagi warga yang hadir dalam acara tersebut. Selain itu, Presiden juga menyempatkan diri untuk menandatangani sebuah prasasti yang diperuntukan khusus bagi warga Desa Srimulyo. Dalam prasasti tersebut, Presiden menuliskan pesan “Indonesia maju kalau keluarga sejahtera. Ayo ikut Keluarga Berencana”. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar