Sabtu, 09 September 2017

Tim KKN UMY Bangun Rumah Data Kependudukan


          Sepuluh kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang berada di Desa Srimulyo, Piyungan, Bantul membuat rumah data kependudukan. Rumah data kependudukan tersebut dibangun di Kampung KB Dusun Jasem. Menurut Sugeng Suryanto selaku Ketua KKN UMY di Desa Srimulyo, mengatakan bahwa rumah data kependudukan merupakan program kerja utama dari mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik Kependudukan.

          KKN tematik kependudukan dimaksudkan untuk lebih memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para mahasiswa dan masyarakat lokasi KKN tentang berbagai aspek kependudukan yang ada, karena penduduk tidak hanya sebagai obyek tetapi juga subyek di dalam pembangunan. Sehingga nantinya diharapkan para mahasiswa dan masyarakat mampu merubah sikap dan perilakunya untuk lebih memberikan dukungan terhadap penurunan dampak-dampak kependudukan yang ada.

          Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN D.I. Yogyakarta menjelaskan bahwa tujuan dibentuknya rumah data kependudukan adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat mengenai pentingnya data kependudukan bagi berbagai aspek pembangunan. Rumah data ini nantinya diharapkan dapat menjadi tempat rujukan data yang dikelola oleh, dari dan untuk kepentingan masyarakat.

          Di dalam rumah data tersebut, terdapat beberapa hal yang dimuat seperti data PK dan hasil olahannya, data potensi desa, data sektoral, data aktivitas Kampung KB dan data administrasi kependudukan. Selain itu didalam rumah data tersebut juga dilengkapi oleh komputer dengan akses internet dan layar televisi untuk menampilkan data secara digital. Dalam pengerjaannya rumah data tersebut dilakukan bersama-sama oleh mahasiswa KKN UMY dibantu oleh tukang yang berkompetensi dalam proses pembangunan sebuah rumah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar